Melepas Rindu Akan Air di Umbul Ponggok


Jogjakarta memang kekurangan laut tenang yang dapat digunakan untuk snorkeling atau menyelam layaknya laut di kawasan Bali atau Lombok. Tapi untuk sekedar berlatih menyelam dan foto bawah air yang lumayan, saya merekomendasikan tempat ini. Namanya Umbul Ponggok, sebuah kolam mata air alami di wilayah Klaten, Jawa Tengah, sekitar 1,5 jam dari kota Jogjakarta. Kolam ini sudah cukup dikenal di kalangan teman-teman penyelam karena biasa digunakan untuk berlatih snorkeling dan scuba diving.
Sebenarnya Ponggok adalah nama desa wisata air yang memiliki cukup banyak umbul semacam ini seperti: Umbul Sigedang, Umbul Besuki, dan yang paling besar Umbul Cokro. Masing-masing punya keunikannya sendiri, kebetulan saya baru mencicipi Umbul Ponggok. Dilihat dari depan, saya sempat meremehkan tempat ini karena letaknya persis di pinggir jalan dan hanya ada satu kolam besar dengan fasilitas biasa saja. Tetapi setelah menceburkan diri, saya cukup betah! Jika anda ingin berenang di kolam mata air jernih yang segar dan tidak berkaporit serta ditemani ratusan ikan jinak, mampirlah ke Umbul Ponggok. Lumayan untuk menghilangkan penat setelah seminggu beraktivitas :)

Kalau main ke Umbul Ponggok, bantu jaga kebersihan umbul ya.. Jangan buang sampah sembarangan ke dalam umbul dan sekitarnya. Walaupun banyak warga setempat yang menggunakan umbul untuk mandi, mencuci dan aktivitas lain, saya sarankan anda tetap membersihkan diri di kamar mandi yang sudah disediakan saja.

***
Biaya masuk: Rp 3.000 | Sewa ban: Rp 3.000 | Cuci/mandi: Rp 1.000
Saya tidak pandai menjelaskan petunjuk jalan, silakan cari lokasi 'Desa Ponggok' via GPS atau googlemap (karena saya juga mencarinya menggunakan GPS! hehe)
Update | Terima kasih untuk ancer-ancer yang diberikan mawi wijna, Umbul Ponggok dapat dicapai dengan cara sebagai berikut: Dari selepas kota Klaten, dari Jl. Solo pas pertigaan lampu-merah terminal Penggung itu belok ke utara, arah ke Polanharjo. Kalau mau mudah, ikuti petunjuk menuju Umbul Cokro.

umbul seluas lapangan sepakbola
ada bebek-bebekan -__-
berenang ditemani ikan-ikan
oops :p
cocok buat yang suka snorkeling
abi-zizi
dancing in the water
saya juga kurang paham kenapa ini diberi pagar. mungkin semacam untuk melindungi sumber mata air?
ada juga mata air yang keluar dari pasir di bawah kami, menimbulkan gelembung-gelembung kecil yang lucu!
Foto oleh: Rifian Ernando, Maharsi Wahyu, Andriza Udin, Nindya Herdianti