Rute Gowes Favorit: Ancol


Selokan Mataram ke arah barat hingga mencapai Ancol Bligo di perbatasan Magelang, merupakan salah satu rute bersepeda favorit saya. Kenapa? Ya, jalanannya tidak begitu ramai, hijau sawah dan rumput dimana-mana, dan berakhir di sebuah bendungan besar yang suara airnya menenangkan. Ancol Bligo ini merupakan 'muara' dari Selokan Mataram yang legendaris itu. Kalau beruntung, di sepanjang selokan anda akan menemukan pemandangan ndeso, entah anak-anak desa yang berenang di selokan, kerbau yang mandi, atau rombongan bebek yang berjalan beriringan menuju ke sawah. Lovely banget buat pecinta pemandangan damai macam saya ini.

Jaraknya cukup jauh dari rumah saya di daerah Mlati, sekitar 20 kilometer kali ya, yang jelas saya pernah waktu itu nggenjot ke sana kok rasanya gak sampai-sampai. Hahahaha. Satu yang ga direkomendasikan, jangan gowes naik folding bike kayak punya saya ini. Capeknya 2x lipat karena harus nggenjot lebih banyak!