e-book pejalan wajib unduh

Saya bersyukur Indonesia punya banyak petualang yang rendah hati. Mereka melakukan perjalanan, memotret, membuat video, menulis kisahnya, dan bahagianya, semua informasi itu mereka bagikan secara gratis via e-book dan e-magz. Saya termasuk salah satu penikmat e-book gratisan, dan jangan salah, banyak sekali e-book gratisan yang berkualitas bikinan para pejalan Indonesia.

Berikut ini, saya coba share beberapa e-book pejalan yang sayang untuk dilewatkan. Siapkan koneksi internet dan siap-siap 'bertualang'!

Majalah Digital Info Backpacker


Website majalah digital ini memenangkan Bubu Awards v.07 : Web Awards kategori Cultural & Tourism untuk digital media Indonesia pada tahun 2011. E-magz nya sendiri sudah mencapai edisi sepuluh yang menurut saya adalah sebuah pencapaian luar biasa. Info Backpacker mengulas perjalanan ke berbagai destinasi wisata Indonesia dan luar negeri dengan gaya backpacking. Artikel di dalamnya mengulas cukup lengkap mulai dari how to get there sampai akomodasi harian di tempat tujuan.


Edisi favorit : Info Backpacker edisi 10 yang membahas dengan lengkap mengenai perjalanan backpacking ke Raja Ampat. Informasi yang dicantumkan sangat detail dan membuat saya berpikir, 'Raja Ampat ga melulu buat orang kaya.'


The Travelist


Majalah digital satu ini masih terbilang baru, edisi 1 nya muncul pada pertengahan 2011 lalu. Tapi jangan salah, e-magz yang mengusung tagline 'Satisfying Your Craving for Travel' ini selalu menyediakan tema segar di setiap edisinya. Saya kenal dekat dengan para manusia yang ada di dapur pembuatan e-magz ini dan mereka adalah orang-orang yang memang berdedikasi pada traveling. Kontributor tiap edisi juga enggak boleh diremehkan. Pada edisi pertama saja mereka berhasil mewawancarai Agustinus Wibowo, traveler favorit saya!

Edisi favorit: The Travelist edisi kedua tentang Underwater. Editor in chief The Travelist adalah seorang diver kece, Ferzya; menurut saya, dia cukup berhasil membawa misi 'mingin-mingin orang buat diving'. Hahaha, tos dulu lah kakak.

Landscape Indonesia


Widhibek, seorang traveler yang juga pegiat forum National Geographic Indonesia adalah seorang yang banyak bekerja dibalik pembuatan e-book Landscape Indonesia ini. Beliau termasuk produktif bikin e-book. Sekarang sudah ada belasan e-book Landscape Indonesia siap unduh yang kebanyakan dibuat per destinasi wisata. Yang saya sukai dari koleksi e-book ini adalah foto-foto mas Widhibek yang ciamik. Saya selalu sukses menahan napas tiap melihat foto-foto startrailnya.

Edisi favorit: E-book Menggapai Mahameru yang dibagi kedalam tiga chapter. Ini selera pribadi sih ya, soalnya saya emang pingin banget bisa muncak Semeru suatu saat nanti, hehehe.

Hifatlobrain: Alone Longway From Home



Hifatlobrain, sebuah travel institute berbasis di Surabaya yang berisi pejalan-pejalan 'gila' ini beberapa kali membuat e-book. Tetapi hingga saat ini saya baru membaca salah satu diantaranya yaitu yang berjudul Alone Longway From Home. Tema utama e-book ini adalah kisah perjalanan duo pejalan gendeng, Nuran-Ayos, dari Jawa ke Flores yang diceritakan dengan sangat menyenangkan. Kalo boleh saya bilang, style backpacking mereka termasuk hardcore, dimana mereka bahkan sampai numpang-numpang truk untuk bisa sampai ke Flores. E-book ini jelas memperlihatkan bahwa terkadang perjuangan mencapai suatu tempat adalah hal yang paling seru untuk diceritakan. List 4 shits happen di bagian akhir dan daftar lagu-lagu yang menemani selama perjalanan membuat e-book ini semakin unik dan menarik untuk dikoleksi.


Terimakasih, para petualang yang rendah hati :)


Apabila teman-teman ada yang memiliki referensi e-book pejalan lain yang menarik untuk diunduh, boleh loh share dengan saya :)